Jumat, 18 November 2011

Control teknologi yang diperlukan di dalam produksi dan pelaksanaannya

1. Dengan melihat tempat produksi, dapat melihat kemampuan perusahaan

Tempat produksi merupakan kaca bagi perusahaan


Produk yang dikerjakan ditempat kerja sebenarnya sampai dengan produksi itu bisa dilakukan memerlukan tahapan panjang. Tahapan seperti perencanaan, marketing, pengembangan, dan desain yang semuanya mengarah ke produksi. Bentuk detail dari hasil pekerjaan berbagai bidang tadi terintegritas ke dalam sebuah tempat yaitu tempat produksi.

Untuk itu kegiatan produksi yang berjalan dengan baik di sebuah perusahaan bukan berarti hanya bagian produksi saja yang bekerja dengan baik, namun bisa dikatakan itu merupakan hasil kerja dari bagian hulu. Sebaliknya kalau terlalu banyak masalah di tempat produksi, produksi tidak berjalan sesuai rencana, dan bermacam masalah lainnya maka itu bukan hanya masalah bagian produksi saja tetapi tanggung jawab besar bagian hulu.

Untuk itulah tempat produksi merupakan kaca bagi hasil kerja perusahaan secara menyeluruh. Kalau hanya melihat tempat kerja sendiri akan sulit memahaminya. maka harus melihat perusahaan lain agar mudah memahaminya.

Mengetahui kekuatan perusahaan dari tempat kerja

Tempat kerja merupakan cerminan baik buruknya hasil kerja bagian hulu perusahaan tersebut. Jadi dengan melihat tempat kerja saja bisa mengetahui kekuatan perusahaan. Untuk itu waktu ingin merekrut suplier baru mutlak diperlukan kunjungan inspeksi (audit) dan memeriksa kondisi tempat produksi. Dengan melihat tempat produksi perusahaan suplier dapat mengetahui dan mengukur kondisi produksi, QCD, jenis peralatan, kondisi masing-masing kontrol, moral pekerja, dan QC cycle.

Sama halnya waktu menerima kunjungan tamu, bagian produksi peruasahaan kita akan diamati dan diukur sejauh mana kemampuan yang kita miliki. Oleh karenanya penting sekali untuk memberikan perhatian kepada supervisor maupun foreman dalam mengelola masing-masing tempat kerja.

2. Peran yang diperlukan tempat produksi


Tempat Produksi

Produk olahan pabrik bukanlah eksistensi barang alamiah, melainkan barang-barang sebagai bahan baku yang ditambahkan proses pekerjaannya. Bisa dikatakan bahwa dari bahan baku mentah yang secara ekonomi bernilai ekonomi rendah diubah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Proses perubahan dari barang ekonomi rendah menjadi barang ekonomi tinggi disebut dengan "produksi". Yang disebut dengan tempat produksi adalah tempat yang benar-benar dijadikan sebagai tempat untuk memproduksi suatu barang. Di balik perusahaan yang memiliki kemampuan kuat dalam pembuatan barang, pasti memiliki tempat produksi yang baik.

Peran tempat produksi

Tempat produksi adalah tempat yang sesungguhnya digunakan untuk memproduksi barang. Dalam arti sempit, peran tempat produksi adalah sebagai tempat kerja bagi 4M maupun 5M yakni Man, Material, Machine, Method, dan Measurement secara efektif dan mengutamakan keselamatan kerja untuk memproduksi barang sesuai dengan jumlah dan kualitas yang dibutuhkan. Produksi harus sesuai dengan tuntutan dan harus memenuhi "production planning".

Tidak ada komentar: