Jumat, 18 November 2011

Peran Seorang Manager

Terdapat 2 area kewenangan kepala bagian atau manager, yakni aspek pekerjaan yang digunakan untuk meningkatkan hasil pekerjaan dan aspek manusia (SDM) dalam pengembangan kemampuan bawahan. Umumnya manager lebih cenderung memihak aspek pekerjaan dibandingkan dengan aspek pengembangan kemampuan SDM yang hanya kadang-kadang diingatnya saja.



Dulu, terdapat pemikiran bahwa sebaiknya rasio perbandingan konsentrasi antara aspek pekerjaan dan aspek manusia adalah 50:50. Tetapi akan lebih baik lagi seandainya bobot untuk aspek manuasia dinaikkan menjadi 40:60. Fokus pengembangan kemampuan manusia sebaiknya dilaksanakan pada pekerjaan harian seseorang yang belum berpengalaman dalam melaksanakan pekerjaan.

Isi pekerjaan manager sendiri adalah perawatan (kontrol) dan reformasi. Perawatan atau kontrol adalah sebuah tindakan untuk mencegah terjadinya penurunan hasil kerja. Contohnya adalah memastikan pekerjaan harian pada departementnya dilaksanakan dengan benar, melakukan pencegahan terhadap timbulnya masalah, dan laporan maupun komunikasi dilakukan dengan benar.



Dalam aspek manuasia, tugas manager adalah mendorong penguatan team work, menciptakan lingkungan kerja supaya pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, dan memberikan bimbingan supaya pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan tahapan prosedur.

Reformasi adalah upaya merubah keadaan saat ini, baik dari aspek pekerjaan maupun aspek manusia supaya memiliki standar yang lebih baik lagi. Seperti meningkatkan hasil pekerjaan dengan cepat, memperbaiki sifat dan kebiasaan, serta kemampuan masing-masing pekerja maupun team.

Di tengah-tengah antara perawatan (kontrol) dan reformasi terdapat kegiatan pada aspek pekerjaan yakni improvisasi. Improvement mirip dengan reformasi yakni melakukan perubahan suatu kondisi tertentu, namun tidak melakukan perubahan secara besar-besaran seperti pada reformasi. Titik persamaan pada keduanya adalah dalam aspek manusia, melakukan peningkatan kemampuan SDM yang dilaksanakan setiap hari khususnya pada bidang kerja yang belum memiliki pengalaman.

Tidak ada komentar: