Senin, 29 November 2010

karburator

• Fungsi utama karburator adalah mencampurkan
bensin dan udara dengan komposisi yang benar,
sehingga bahan bakar ini dapat dinyalakan didalam
ruang bakar. Bahan bakar yang dibawa kedalam
ruang bakar ini bukan hanya sekedar dapat
dinyalakan saja, tetapi dapat dijamin bahwa
campuran bensin dan udara ini dapat dibagikan ke
setiap silinder yang ada dengan komposisi yang tepat.

• Komposisi campuran udara dan bensin yang
dibutuhkan secara umum adalah campuran kaya
(AF<15) pada saat mesin akan dihidupkan dan
campuran sedikit kaya (AF>15) pada saat putaran
mesin diperlambat.

• Air Fuel Ratio adalah perbandingan campuran udara dan bahan bakar.


Ada beberapa sistem dalam karburator, antara lain adalah :

• Idle
Yang dimaksud dengan idle adalah keadaan dimana mesin berjalan langsam (tanpa
beban).

• Acceleration
Akselerasi terjadi bila pengemudi menginjak gas secara tiba-tiba, dimana pada saat ini jumlah udara bertambah secara tiba-tiba sehingga perlu tambahan bahan bakar
sehingga komposisi tetap seimbang dan mesin tidak mati.

• Wide Open Throttle
Kondisi ini tercapai pada dua kondisi, pertama ketika mesin membutuhkan daya
maksimum dan kedua ketika mesin dalam keadaan kecepatan maksimum. Pada
keadaan ini pengemudi akan menginjak gas sedalam-dalamnya yang mengakibatkan
throttle terbuka penuh

Tidak ada komentar: